Senin, 15 Mei 2017

Rancangan Software Pengelolaan Informasi Pertanahan dan Bencana Alam

PENGELOLAAN INFORMASI PERTANAHAN DAN BENCANA ALAM BERBASIS SISTEM INFORMASI GEEOGRAFIS

HANIF SURYA TARUNA/1525010063/A25
AGROTEKNOLOGI/ FAKULTAS PERTANIAN UPN "VETERAN" JAWA TIMUR



Dalam perkembangan Sistem Informasi Geografis (SIG) tidak terlepas dari perkembangan dari pada komponen dari Sstem Informasi Geografis itu sendiri yaitu :
1.    Software, seiring perkembagan jaman ilmu pengetahuan juga semakin luas salah satu nya dalam bidang Sistem Informasi Geografis adalah munculnya web web dan software pendukung kegiatan Sistem Informasi Geografis yang semakin maju, salah satu contoh konkrit dari perkembangan SIG adalah Google Earth 3d dimana kita dapat melihat suatu tapak daerah dengan wujud 3 dimensi.
2.    Hardware, seiring berkembangnya software dan web web yang berbasis SIG maka Hardware pun dituntut untuk lebih dikembangkan untuk mensuport web atau software yang memiliki kebutuhan kemampuan dan kapasitas hardware yang tinggi.
3.    Pengguna, adalah salah satu komponen terpenting dalam perkembangan SIG didunia karena SIG adalah salah satu bidang yang dirancang atau dibuat manusia dalam mempermudah manusia mengakses informasi tentang geografis suatu tempat di dunia (bumi).

Disini kami  akan membahas tentang rancangan software Pengelolaan Informasi Pertanahan dan Bencana Aam Berbasis Sistem Informasi Geografis. Jadi Software ini adalah software yang akan dirancang untuk memberikan informasi tentang kondisi tanah mulai dari sifat tanah sifat kimia tanah dan juga memberikan informasi tentang bahaya perubahan  gejala-gejala pada alam yang mungkin terjadi pada suatu tempat. Software ini dirancang untuk mempermudah untuk memperoleh informasi keadaaan geografis suatu wilayah terutama informasi tentang kondisi tanah dan kemungkinan perubahan  gejala-gejala alam yang dapat terjadi pada daerah tersebut.
Dalam perancangan software ini memiliki sasaran pengguna dan akan bermanfaat bagi :
1.    Mahasiswa terutama mahasiswa pertanian dan geografi karena software ini karena software ini berisi konten yang sangat berhubungan dengan kodisi geografi suatu daerah dan gejala alam yang terdapat pada daerah tersebut, dan software ini juga memuat konten yang berisi tentang kondisi tanah dan sifat-sifat yang dimiliki tanah yang terdapat pada daerah tersebut yang dapat membantu menentukan pola tanam yang dapat dilaksanakan pada daerah tersebut.
2.    Software ini juga bermanfaat bagi para pecinta alam karena software ini akan memberikan informasi tentang gejala gejala alam yang mungkin terjadi, sehingga para pecinta alam dapat mengantisipasi hal hal yang mungkin terjadi. Dan pada software ini akan terhubung pada google map sehingga dapat menunjukkan arah jalan tujuan para pengguna.
3.    Da software ini akan bermanfaat bagi masyarakat umum karena software ini dapat diakses dengan terlebih dahulu registrasi. Dan aplikasi ini akan menambah wawasan bagi khalayak umum tersebut.

Komponen- komponen data yang dibutuhkan dalam perancangan software Pengelolaan Informasi Pertanahan dan Bencana Alam adalah :
1.    Titik-titik kordinat suatu daerah yang dapat diperoleh dari hasil proses tracking atau kordinat yang didapat dari fitur google map karena pada perancangan software ini akan memanfaatkan fitur-fitur dari Google seperti email google yang akan dijadikan id akun dari software ini, and fitur google yang menjadi fitur yang sangat dibutuhkan adalah google map yang memiliki informasi tentang lokasi geografis pada suatu wilayah.
2.    Kondisi Geografis suatu daerah, untuk mendapat informasi tentang keadaan geografis suatu wilayah, dalam perancangan software ini akan bekerjasama dengan BMKG guna memperoleh informasi geografis untuk dapat mengetahui kemungkinan perubahan gejala-gejala alam yang dapat terjadi pada wilayah atau daerah tersebut.
3.    Informasi tentang pertanahan yang dapat diperoleh dari Badan Pertanahan tentang status tanah yang berisi kan fungsi tanah (bangunan atau lahan produktif) dan bekerjasama dengan para dosen, peneliti atau mahasiswa yang berkecimpung dalam hal penelitian tentang tanah terutama sifat fisik dan kimia tanah.

Dalam penggunaan software ini maka terdapat spesifikasi dari computer user atau pengguna agar dapat mendukung keberlancaran software ini di personal computer user, spesifikasi minimal yang dibutuhkan adalah :
1.    Prosessor Intel core 2 dan yang setaranya
2.    VGA  graphic dan monitor yang dapat support kualitas HD
3.    RAM 3giga dengan hardisk minimal 500gigabyte
4.    Dan salah satu factor dari luar yang dianggap penting adalah kecepatan koneksi untuk memperlancar dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.

Berikut adalah rancanga cara penggunaan software Pengelolaan Informasi Pertanahan dan Bencana Alam Berbasis Sistem Informasi Geografis ini adalah ;
1.    Instalasi Software, aplikasi ini dapat diunduh di web-web penyedia software, kemudian, setelah tersimpan membuka paket winrar software dan klik dua kali pada installer software, dan kemudian mengikuti langkah langkah yang diperintahkan.
2.    Pembuatan akun, pembuatan akun artinya user dalam penggunaan software ini harus memiliki Id atau akun yang dapat tertaut dengan email baik yahoo maupun google
3.    Mentautkan email, artinya pengguna harus mengonfirmasi email bahwasanya akun email tertaut dan terdaftar pada software ini.
4.    Melekukan Pencaran disini berarti mencari informasi daerah yang diinginkan denga terlebih dahulu klik pada klom dengan ikon seperti lloupe atau kaca pembesar dan kemudian mengetik nama daerah yang menjadi daerah tujuan.
5.    Memilih tempat yang sesuai dengan keinginan pada map artinya setelah melakukan searching akan muncul map dan kita dapat melihat informasi pada daerah yang kita inginkan sesuai tempat yang kita pilih pada monitor
6.    Mencetak informasi artinya setelah aktivitas selesai data dapat dicetakdiprint dengan tombol CTRL+P dan informasi yang tercetak adalah gambar peta dan informasi tentang tanah dan gejala alam yang terjadi pada wilayah yang terdapat  pada map.  


Dalam penggunaan software ini seorang user juga dapat berperan sebagai sumber data artinya seorang ser dapat menambahkan informasi tentang pertanahan dan gejala Alam yang terdapat pada suatu daerah yang belum terdeteksi oleh software maupun map sehingga informasi pada software ini dapat menjadi lebih lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar